Rabu, 14 Januari 2009

Jadwal Ujian Nasional SMP 2009

Ujian Nasional SMP 2009

Kenaikan standar kelulusan dalam Ujian Akhir Nasional (Unas) 2009 dari 5,25 menjadi 5,50, agaknya, harus benar-benar dipersiapkan. Terutama siswa dan sekolah. Jika tidak, bukan tidak mungkin jumlah kelulusan akan jeblok. Apalagi, pengawasan nanti semakin diperketat.

Sesuai Permendiknas Nomor 78 Tahun 2008 tentang Ujian Nasional, pengawasan unas dilakukan dengan sistem silang murni antara sekolah dan madrasah. Jika jumlah guru madrasah tidak mencukupi, pengawasan dilakukan dengan silang antarsekolah.

Pelaksanaan unas juga akan dipantau tim pemantau independen (TPI). Kewenangan TPI pun semakin luas. Jika sebelumnya boleh dibilang sekadar memantau, nanti kewenangannya lebih dari itu. Namun, kepastiannya masih akan diatur dalam POS (prosedur operasional standar) tersendiri. Selain itu, pemantauan dilakukan tim dari perguruan tinggi negeri (PTN).



Jadwal Ujian Nasional untuk tahun 2009 kini sudah difinalisasi oleh Depdiknas, jadwal tersebut kini akan dikoordinasikan ke setiap Dikmen kota/kab di seluruh Indonesia.

Keputusan tersebut berdasarkan kesepakatan bersama BSNP, Depdiknas dan Depag.

Sementara itu dari data Dinas Dikmenti DKI Jakarta yang terhimpun, jadwal Ujian Nasional tersebut akan diikuti oleh sejumlah pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Matematika dan mata pelajaran lainya.

Untuk mata pelajaran yang akan di tempuh di Ujian Nasional 2009 nanti, akan sama dengan tahun 2008 yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA.

- SMP/Mts (27 - 30 April 2009)


diunduh dari http://candrapetra.wordpress.com/tag/berita-ujian-nasional-2009/

Tidak ada komentar: